Selamat datang di blog Fauzul Azhim! Blog ini sedang dalam perkembangan. Mohon kritikan dan saran. Terima kasih!

Kamis, 21 Juli 2011

Fungi Kamus Besar Bahasa Indonesia

 
Istilah kamus besar yang menjadi judul kamus bahasa Indonesia bukan semata-mata menyiratkan ukuran fisiknya, melainkan lebih mempunyai makna yang bersangkutan dengan banyaknya informasi yang terkandung di dalamnya.
Pengembangan bahasa merupakan upaya meningkatkan mutu bahasa untuk memenuhi berbagai keperluan dalam kehidupan masyarakat. Seperti halnya masyarakat penuturnya, bahasa yang hidup selalu mengalami pengembangan sejalan dengan perkembangan masyarakat penuturnya. Pengembangan bahasa itu, antara lain dilakukan melalui penelitian, pembakuan, dan pemasyarakatan.
Penyusunan kamus merupakan usaha kodifikasi bahasa yang menjadi bagian dari pembakuan bahasa tersebut. Kamus besar adalah kamus yang mencatat kekayaan suatu bahasa sampai pada waktu tertentu, yang disusun dalam bentuk lema atau entri, lengkap dengan segala nuansa maknanya. Nuansa makna kata diuraikan dalam bentuk definisi, deskripsi, contoh, sinonim, atau parafrasa. Uraian itu juga disertai dengan label pemakaian suatu kata dan maknanya (label ragam bahasa); daerah atau kelompok sosial pemakaian suatu kata dan maknanya (label dialek regional atau dialek sosial), atau masih dipakai atau tidak suatu kata; jika tidak, di makna pernah dipakai (label dialek temporal); dan dengan etimologi yang menjelaskan perkembangan bentuk dan makna kata sejak permulaan kata itu dipakai dalam bahasa, baik asli maupun kata serapan bahasa lain.

Disadur dari Buku Kamus Besar Bahasa Indonesia: Pusat Bahasa Edisi Keempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar